Ramai-ramai ambil cuti...

Image Hosted by ImageShack.usBeberapa hari ini kesibukan di bagian kepegawaian meningkat, pasalnya banyak pegawai yang mulai mempersiapkan diri untuk ngambil cuti tahunannya. Sebentar2 telpon berdering dari orang yang menanyakan sisa cutinya masih berapa, ada juga yang nanyain gimana sih cara ngajuin cuti?, boleh berapa hari cutinya? Dan beragam pertanyaan sejenis seputar cuti.

Sebenarnya sih berdasarkan kalender, untuk lebaran ini, udah ada libur satu minggu. Tapi kenyataannya masih banyak orang yang ngajuin cuti. Bermacam2 alasannya, ada yang bilang mudiknya jauh, mau berkunjung ke saudara2 dulu, mau ini mau itu kan setahun sekali…, yah begitulah.

Bagi yang mau tahu lebih jauh mengenai ketentuan2 seputar cuti (tahunan) berikut ini saya kasih poin2 nya dan met mudik, ati2 di jalan, jangan lupa oleh2nya…

  • Calon PNS/PNS yang telah bekerja secara terus-menerus selama satu tahun berhak atas cuti tahunan. Lamanya cuti tahunan bagi calon PNS/PNS adalah dua belas hari kerja dan dipecah-pecah sekurang-kurangnya tiga hari kerja.
  • Cuti tahunan yang tidak diambil dalam tahun yang bersangkutan, dapat diambil dalam tahun berikutnya untuk paling lama 18 (delapan belas) hari kerja termasuk cuti tahunan dalam tahunyang sedang berjalan.
  • Cuti tahunan yang tidak diambil 2 (dua) tahun berturut-turut atau lebih dapat diambil dalam tahun berikutnya untuk paling lama 24 (dua puluh empat) hari kerja termasuk cuti tahunan tahun yang sedang berjalan.
  • Cuti tahunan yang tidak diambil secara penuh dalam tahun yang bersangkutan, dapat diambil dalam tahun berikutnya untuk paling lama 18 (delapan belas) hari kerja termasuk cuti tahunan tahun yang sedang berjalan.
  • Cuti tahunan yang tidak diambil secara penuh dalam beberapa tahun, dapat diambil dalam tahun berikutnya untuk paling lama 24(dua puluh empat) hari kerja termasuk cuti tahunan tahun yang sedang berjalan.
  • Cuti tahunan yang akan dijalankan di tempat yang sulit perhubungannya, jangka waktu cuti tahunan ditambah 14 (empat belas) hari termasuk hari libur. Ketentuan ini tidak berlaku bagi cuti tahunan yang diambil kurang dari 12 (dua belas) hari kerja.
  • Cuti tahunan hanya dapat ditunda selama-lamanya satu tahun. Cuti tahunan yang ditunda pelaksanaannya oleh pejabat yang berwenang memberikan cuti dapat diambil selama-lamanya 24 (dua puluh empat) hari kerja termasuk cuti tahunan tahun yang sedang berjalan.
  • Jika dalam waktu bersamaan PNS mengambil cuti tahunan, maka hanya diperkenankan 5 % dari pegawai yang ada boleh cuti, agar pekerjaan tidak terganggu.

0 komentar: