R.M. Notohamiprodjo, Anda Sudah Mengenalnya?

Pada Senin 1 September kemaren telah diselenggarakan launching gedung R.M. Notohamiprodjo yang dipimpin oleh Bapak Anggito Abimanyu selaku Kepala Badan Kebijakan Fiskal.
Sebenarnya secara resmi nama gedung ini sudah dirubah sejak tanggal 13 Mei 2008 dengan ditetapkannya KEPUTUSAN MENTERI KEUANGAN NOMOR: 324/KM.1/2008 Tentang Penetapan Nama Gedung Kantor dan Aula/ruang Pertemuan di Lingkungan Kantor Pusat Departemen Keuangan. Dulunya gedung ini bernama gedung B, sesuai dengan instansi yang menghuninya (B)adan Kebijakan Fiskal.

Sebagai salah satu insan yang menghuni gedung ini, timbul pertanyaan di benak saya, siapa sih sebenarnya pak R.M. Notohamiprodjo ini? Sehingga begitu hebat dijadikan nama sebuah gedung, kenapa gak nama saya misalnya yang dipake buat nama gedung ini (emang siapa lo… he..he..). karena saya yakin dari 350an warga BKF yang menghuni gedung R.M. Notohaprodjo ini ga sampe separonya yang tahu siapa pak R.M. Notohamiprodjo.

Setelah usut mengusut (biar ga kusut) ternyata susah banget nyari biografi pak R.M. Notohamiprodjo, katanya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, saya yakin pak R.M. Notohamiprodjo ini pahlawan sehingga namanya sampai dijadiin nama sebuah gedung nan megah di kawasan kantor pusat departemen keuangan ini, tapi kok susah ya nyari profil beliau. Dari proses nyari-menyari, usut-mengusut tersebut, inilah hasilnya,

R.M. Notohamiprodjo,

Beliau adalah mantan Menteri Republik Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, dengan rincian sebagai berikut:

  • Menteri Keuangan dalam Kabinet kerja II ( 18 Februari 1960 s/d 6 Maret 1962 ) bersama Ir. H. Djuanda
  • Menteri Keuangan dalam Kabinet kerja III ( 6 Maret 1962 s/d 13 Nopember 1963 )
  • Menteri Penasehat Presiden Urusan Funds & Forces dalam Kabinet Dwikora ( 27 Agustus 1964 s/d 28 Maret 1966 )

Beliau juga orang yang menandatangani uang kertas pemerintah,

  • Pecahan Rp 1 yang diterbitkan 1 Mei 1963 dan ditarik 31 Mei 1971



  • Pecahan Rp 2 ½ yang diterbitkan 15 Oktober 1963 dan ditarik 30 Juni 1964



Selebihnya, belum dapat info tentang beliau. Kan tadi udah dibilang kalau sulit nyari info tentang beliau, ini sedang diusahakan untuk membuka-buka boekoe sedjarah untuk nyari-menyari biografi beliau.

Ada yang punya info tambahan? Bagi dong…..

3 komentar:

wahyu prasetyo mengatakan...

Telpon saya mas...nanti saya tunjukkan sampai ke Putri beliau.

Wahyu
081310032097

Unknown mengatakan...

Wah kakek saya nih..

wahyu prasetyo mengatakan...

Iya mas iwan......